Saturday 10 January 2015

Kojek Al-Bahjah yang Ngangenin

Kojek, makanan yang terbuat dari tepung aci atau kanji ini memiliki cita rasa yang unik. Mungkin sebagian orang gak tau panganan ini. Kalo dirumah makanan yang berbentuk bulat dan kenyal jika dikunyah ini suka disebut dengan 'kojek', tapi sebagian orang bilang makanan ini namanya 'cilok'. Entahlah apapun sebutannya yang penting makanan ini bulat, kenyal dan rasanya pastinya enak. Cocok untuk dijadikan jajanan.
Penampakan Kojek Al-Bahjah

Gambar di atas adalah kojek yang hari ini aku beli di pondok pesantren Al-Bahjah Cirebon :). Sayang potonya masih di dalam bungkusan plastik jadi gak kelihatan penampakan aslinya. Yang membuat kojek ini terasa nikmat adalah bumbu kacangnya yang rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas. Asli penampkannya seperti gambar dibawah ini nih kuliners.



Awalnya cuma ngira ni kojek bakal sama kayak kojek-kojek yang lain, tapi beda loh, rasanya ngangenin, nagihin banget. Setiap pulang dari pengajian sabtu di ponpes Al-Bahjah pasti yang dicari langsung deh kojek ini hehehhe.

Sebenarnya cara bikin cilok atau kojek ini gak sulit-sulit banget sih. Kalo para kuliners pengen bikin kojek kayak gini cukup campurin tepung kanji yang diayak, lalu campur dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih yang udah dihaluskan dan lainnya lalu dicampur dengan air hangat sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk bulat-bulat. Setelah itu tinggal buat deh bumbu kacangnya sesuai selera. Gimana kuliners, pengen nyoba kojek yang ngangenin ini?? :)










  

Related Post



No comments:

Post a Comment