Monday 13 June 2016

Nasi Bogana Makanan Khas Keraton Kacirebonan

Hai hai hai sobat kuliners, di hari senin yang damai ini dimana yang biasanya aku sibuk ada di sekolah, namun kali ini aku hanya bisa duduk dikasur menghadap laptop dan mengerjakan proyek, yupz... kali ini aku mau bahas menu baru. Masih tentang kuliner khas Cirebon nih. Ceritanya kemarin pas hari minggu dapat undangan bukber alias buka bersama dari Komunitas Blogger Cirebon, karena blog aku masuk nominasi 20 besar di lomba blog yang diadakan oleh komunitas ini. 

Tepatnya aku diundang bukber di Pawon Bogana yang berlokasi di Keraton Kacirebonan. Acara kayaknya sudah dimulai sekitar jam lima sore, tapi aku datang ngaret sekitar setengah enaman lah. Sebelumnya aku ketemuan dulu sama Ratnawati, dia juga udah masang muka kesel gitu soalnya aku ngaret hahahha (maap ya...). Undangan sih sebenarnya cuma untuk satu orang, tapi khawatir compong jadinya aku ajak teman aku si Ratnawati yang bawa buntut juga (alias adeknya). 

Singkat cerita, saat sampai di Keraton Kacirebonan, aku lihat udah banyak yang ngumpul gitu, kayaknya emang acara udah dimulai. Akhirnya langsung aja aku dan temanku duduk, dan ternyata lagi dibahas tentang nasi Bogana, yang disampaikan oleh Ibu Sonia selaku humas dari Keraton Kacirebonan. Beliau menyampaikan bahwa nasi Bogana ini nasi yang suka dihidangkan di keraton jika ada acara-acara syukuran. Bogana artinya seadanya jadi nasi bogana adalah nasi yang lauknya apa adanya, bukan ada apanya ya.... . Semacam seperti bancakan gitu deh. Saat adzan maghrib, tidak lama kemudian kita semua disuguhkan nasi bogana ini, langsung aja dong aku siap-siap buat moto, dan beginilah penampilan nasi bogana khas keraton ini.

Nasi Bogana
Penampilannya seperti tumpeng kecil yang terdiri dari nasi kuning, tempe, telor rebus, ayam, kerupuk udang, timun, tomat, daun salada dan sambal. Nasinya memang kalau difoto sekilas seperti nasi kuning biasa, tapi ternyata nasi kuningnya ada campuran serutan kelapanya juga loh, rasanya unik, ditambah dengan ayamnya yang sumper lembut banget saat dimakan, kayaknya diungkebnya lama kali ya. Kamu harus coba makanan ini, rasanya khas banget, beda sama bancakan yang biasa. 

Harganya juga sangat terjangkau sekali. Untuk satu porsi nasi Bogana ini hanya dihargai Rp 18.000 saja, selain itu kamu juga bisa melihat suasana keraton kacirebonan yang asri. Makan secara outdoor, ditemani bulan dan bintang dimalam hari, ditambah lagi disuguhkan candle light yang bikin suasana jadi makin gimana... gitu... aseek.

Disuguhkan candle light yang indah
Lanjut lagi ceritanya, setelah selesai berbuka, akupun pergi shalat maghrib dan setelahnya langsung ada penyambutan dari Sultan keraton kacirebonan, yaitu Sultan Abdul Gani Natadiningrat S.E. Beliau menyambut baik akan adanya kegiatan dan acara yang diselenggarakan oleh komunitas blogger cirebon ini. Setelahnya langsung saja yang dinanti-nanti, yaitu pengumuman 10 besar juara kompetisi blog tema Cirebon Kota Titik-Titik, dan tidak menyangka ternyata saya bisa juara ke-5 heheh. Lumayan dapat sertifikat dan voucher gratis makan di hotel Aston, terimakasih komunitas blogger Cirebon :D.
Sertifikat penghargaan dan hadiah voucher makan gratis
 di hotel Aston
So, buat kamu yang ngakunya orang Cirebon asli, ayo datang ke Pawon Bogana yang berlokasi di Keraton Kacirebonan, dan rasakan nikmatnya nasi Bogana, nasi seadanya namun cukup komplit lauknya, yang merupakan makanan khas keraton ini. 



Related Post



No comments:

Post a Comment