Monday 2 February 2015

Darlung 'Dadar Gulung' Jajanan Jaman SD

Hai sobat kuliners :D, lama tak posting artikel nih udah berapa minggu ya? hehee. Oke sobat kali ini aku ingin bahas tentang jajanan yang dulu waktu jaman masih sekolah di tingkat SD sering sekali dibeli, namanya itu 'Darlung' atau 'Dadar Gulung'. 

Mungkin sobat akan mengira dadar gulung itu yang warnanya hijau isinya ada kelapa manisnya, tapi 'Darlung' jajanan anak sd ini dibuat dari telur yang digoreng diatas minyak panas lalu digulung pakai tusukan sate. Penasaran bentuknya kayak apa? Lihat penampakannya dibawah ini sob.

Penampakan Darlung 


Inilah darlung jajanan khas anak SD. Penampakan aslinya kalau gak dikasih saus itu kayak telur dadar aja tapi digulung. Darlung yang satu ini ada acinya juga semacam kayak cilok gitu, terus dibalut sama telur. cara buatnya itu simple banget. Pertama aci atau ciloknya itu ditusuk dulu sekitar 2-3 biji cilok, lalu di goreng di minyak yang panas. 

Telur yang udah dikocok dan dikasih bumbu masukkan ke minyak panas juga, sedikit-sedikit aja pakai sendok sayur. Terus pegang tusukannya dan putar-putar sampai acinya ketutupan sama telur. Udah deh jadi, balur aja sama saus yang sobat kuliners suka, bisa saus tomat atau cabe. Bikin sendiri lebih baik, karena pastinya akan lebih higienis, lumayan kok sobat buat cemilan ngeganjel perut :D. Selamat mencoba!



Related Post



5 comments:

  1. dulu suka jajan ini pas SD. hargany dua ratusan dlu hehe.

    ReplyDelete
  2. Buset taun brapa bang :v jaman saya mah serebuan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sama sekarang juga satu tusuk masih seribum kalo di cirebon sih :)

      Delete