Thursday 2 July 2015

Resep Cara Membuat Sup Telur Ceplok

Saat bulan puasa, saatnya liburan, untuk beberapa kalangan saja sih, yang berprofesi sebagai guru mungkin ini saat nya meluangkan waktu luangnya untuk bereksperimen di dapur ^^. Ya sobat kuliners kali ini aku mau share tentang resep cara membuat sup telor ceplok. Mungkin bakal pada aneh, emang ada ya telor ceplok di sup? hehehe, tapi ini real makanan manusia kok sobat kuliners. Keluargaku suka sekali sama sup telor ceplok ini.

Emang sih aneh, kok telor ceplok dijadiin sup, sebenarnya yang ada itu telor ceplok disemur pedas, tapi kalau dikeluarga aku malah dijadiin sup. Jangan bayangin kayak sup ayam gitu ya, beda loh! Awalnya keapa keluargaku suka sekali bikin sup telor ceplok ini adalah karena keluarga ku memang semuanya pecinta telur dan ade-adeku tidak suka pedas, oleh sebab itu setiap bikin telur tidak disemur pedas, namun dijadikan sup dan diberi kecap.

Penasaran kayak apa sih sup telor ceplok itu, lihat penampakannnya dibawah ini sob!

Penampakan sup telur ceplok
Berikut dibawah ini aku berikan step-step cara membuat sup telur ceplok ini. Seperti biasa sob, resepnya very simple and gampang sekali untuk dipraktekan.

Cara Membuat Sup Telur Ceplok

Bahan-bahan
  1. 8 butir telur
  2. 2 siung bawang putih
  3. Cabai rawit (sesuai selera)
  4. Garam secukupnya
  5. Gula secukupnya
  6. Tomat (cukup seperempatnya saja)
  7. Air 4 gelas sedang
  8. Bawang goreng

Cara Membuat:
  1. Pertama masak dulu semua telurnya berbentuk telor mata sapi atau ceplok, kalau bisa kuning telurnya jangan sampai pecah, agar tetap terlihat cantik nantinya.
  2. Sisihkan telur, cincang bawang putih, jika sudah tercium sedikit harum, masukan air, beri kecap garam dan gula, tunggu setengan mendidih.
  3. Jika sudah terlihat setengah mendidih masukan telur ceplok atau mata sapinya, dan biarkan sampai air meresap ketelur.
  4. Masukan cabai rawit, tidak perlu dipotong-potong, hal ini agar anak-anak yang tidak suka pedas pun bisa makan.
  5. Masukan tomat, dan tunggu sampai air mendidih.
  6. Setelah itu tempatkan dalam mangkuk dan berilah taburan bawang goreng.
Sudah deh jadi sup telur ceploknya! Very simple dan mudah sekali bukan? Rasanya akan tambah nikmat lagi kalau disantap dengan nasi hangat-hangat, dan saat cabai rawitnya digigit, itu tambah lezat lagi sobat! Hehehe, selamat mencoba ya ^^



Related Post



2 comments:

  1. Yummy.... biar pun telur ceplok tapi bisa di kreasikan ke hal yang lain... ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas komentar dan kunjungannya ;)

    ReplyDelete